Kamis, 03 November 2011

Apa dan Siapa Shotokan Karate-do International itu?

Shotokan Karatedo International Federation : Lambang SKIF
Apa dan Siapa ?


Shotokan Karatedo International Federation (SKIF) didirikan pada bulan Desember 1977 oleh Sensei Hirozaku Kanazawa.  Sampai sekarang SKIF telah memiliki anggota yang aktif sebanyak 1.700.000 di 72 negara. Dengan demikian SKIF dapat dikatakan sebagai salah satu organisasi karate yang terbesar dan terbaik hingga saat ini.

Hirozaku KanazawaKebesaran SKIF tidak dapat dipisahkan dari pendirinya Hirozaku Kanazawa yang sekarang menjabat sebagai presiden SKIF. Sensei Kanazawa, demikian ia dipanggil oleh murid-muridnya merupakan salah seorang murid langsung dari Master Gichin Funakoshi, pendiri karate aliran Shotokan. Kanazawa dilahirkan pada tahun 1931 di Iwate, Jepang.  Setelah lulus dari Universitas Takushoku, Tokyo,  Kanazawa mengikuti seluruh kejuaraan Karate Jepang selama sekitar 3 tahun, dari 1957 sampai 1959.  Sekitar tahun 1957 itu, Kanazawa bergabung dengan Japan Karate Association (JKA).

Karirnya yang panjang sebagai instruktur karate dimulai pada tahun 1960.  Sejak saat itu, Kanazawa dikenal sebagai seorang pelatih karate yang sangat terkenal dan sangat dihormati.  Ia melanjutkan karirnya dengan berkeliling dunia, mengamalkan pengetahuan karate yang diketahuinya.  Kanazawa juga merupakan salah seorang dari sedikit yang berhasil mencapai gelar Shihan (Master).  Tingkatan sabuk Kanazawa sekarang adalah Dan IX.

Pada bulan Desember 1957, Kanazawa keluar dari JKA, lalu mendirikan
Shotokan Karatedo International Federation (SKIF) yang berkembang pesat di berbagai negara hingga mencapai 72 negara anggota.

SKIF menggelar kejuaraan dunia karate shotokan yang pertama pada tahun 1983 di Tokyo, Jepang.  Kejuaraan ketiga juga dilaksanakan di Tokyo pada tahun 1988.  Kejuaraan dunia SKIF kelima dilaksanakan di Yokohama, Jepang dan yang terakhir pada tahun 1997 kejuaraan SKIF keenam dilaksanakan di Itali.

Kejuaraan dunia SKIF ke-7 akan digelar tanggal 19-23 April 2000 di Denpasar, Bali.  Kejuaraan ini dapat terselenggara berkat kiprah perguruan Inkando merupakan salah satu anggota SKIF.  Menurut ketua panitia (OC) kejuaraan SKIF ke-7 ini, pertimbangan pemilihan lokasi di Bali daripada Jakarta adalah karena Bali dinilai lebih  aman daripada Jakarta, selain itu Bali mudah diakses dari seluruh penjuru dunia.  Hanya yang patut disayangkan, fasilitas olahraga di Bali tidak sebaik di Jakarta.  Sehingga menurut informasi, tempat kejuaraan berlangsung kurang memadai.  Bagaimana tidak, kapasitas ruangan tempat kejuaraan berlangsung adalah sekitar 900 orang sedangkan atlet yang akan berlaga sampai sekarang telah terdaftar lebih dari 1000 orang.  Maka tontonan yang akan menarik perhatian para karateka Indonesia ini mungkin akan sukar ditonton secara langsung di Bali karena kurangnya kapasitas ini.  Semoga saja kejuaraan ini dapat berjalan lancar dan tim Indonesia dapat meraih tempat yang terhormat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar